image

Sosialisasi Empat Pilar di Puncak Acara Legislator Championship 2020 Piala Ketua MPR

Minggu, 08 Maret 2020 12:05 WIB

Jakarta- Ketua MPR Bambang Soesatyo didampingi para Wakil Ketua MPR Zulkifli Hasan, Jazilul Fawaid dan Fadel Muhammad menghadiri seremoni acara puncak Kejuaraan Menembak Reaksi Level III IPSC Legislator Championship 2020 Piala Ketua MPR, di Lapangan Tembak Senayan, Jakarta, Sabtu (7/3/2020). Acara puncak tersebut menampilkan kejuaraan reaksi khusus eksekutif yang diikuti beberapa pejabat tinggi negara termasuk Ketua MPR.

Hadir dalam acara tersebut selain para Pimpinan MPR antara lain, Ketua Komisi I dan III DPR, Menpora, Ketua BPK, Jaksa Agung, Kepala BAIS, Danpaspampres, Danpomal, Wakapolri, Ketua Umum Perbakin, dan sekitar 250 peserta dari berbagai elemen masyarakat atlet dan pecinta olahraga menembak.

Dalam sambutannya, Bamsoet mengatakan bahwa kejuaraan yang digelar sejak tanggal 6 hingga 7 Maret 2020 tersebut, diselenggarakan sebagai wadah silaturahmi dan tukar menukar pengalaman antar pecinta olahraga menembak. Selain itu juga untuk mewujudkan dukungan moral kepada kemajuan cabang olahraga menembak yang telah menorehkan prestasi yang sangat membanggakan.

Prestasi tersebut antara lain, pada SEA Games tahun 2019 di Filipina, Indonesia tampil menjadi juara umum dicabang olahraga menembak dan pada tahun itu juga, kontingen TNI AD berhasil berprestasi menjadi juara umum untuk yang ke 12 kalinya secara beruntun dalam lomba menembak antarnegara Australian Army of Skill Arms at Meeting (AASAM).

Dalam kesempatan tersebut, Bamsoet juga berkesempatan menyampaikan Sosialisasi Empat Pilar MPR kepada para peserta kejuaraan. Dalam paparannya, Bamsoet mengungkapkan bahwa banyak cara dan upaya yang bisa dilakukan masyarakat Indonesia untuk menunjukkan kecintaan kepada bangsa dan negara.

Salah satunya dengan berbagai prestasi yang diperoleh para atlet menembak baik di SEA Games maupun dikejuaraan AASAM yang sangat mengharumkan nama bangsa. Semua itu karena didorong semangat cinta tanah air yang mendalam. &doublequote;Bisa kita bayangkan bendera Indonesia dan lagu kebangsaan kita berkibar dan berkumandang di dunia. Rasa cinta dan bangga tanah air sangat terasa,&doublequote; ujarnya.

Cinta tanah air, lanjut Bamsoet, adalah nilai kebangsaan yang terus menerus digelorakan oleh MPR melalui Sosialisasi Empat Pilar MPR yakni Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika. Sosialisasi tersebut digencarkan MPR dengan maksud untuk menyegarkan kembali memori kolektif seluruh bangsa Indonesia kepada nilai-nilai kebangsaan.

Diungkapkan Bamsoet, saat ini MPR terus berupaya untuk memperkaya berbagai metodologi pemasyarakatan Empat Pilar melalui berbagai pendekatan kepada berbagai elemen masyarakat seperti kepada komunitas biker, komunitas pecinta burung, komunitas pecinta sepeda onthel dan lain sebagainya.

&doublequote;Penyelenggaraan Kejuaraan menembak Reaksi Legislator Championship 2020 ini juga merupakan cara kreatif kami dalam melakukan Sosialisasi Empat Pilar kepada atlet dan pecinta olahraga menembak. Metodologi yang kreatif dengan sasaran sosialisasi yang tepat diharapkan tujuan dari sosialisasi itu sendiri akan cepat tercapai,&doublequote; tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Menpora Zainuddin Amali sangat mengapresiasi kegiatan yang digelar MPR sekaligus Sosialisasi Empat Pilarnya. &doublequote;Saya juga setuju sekali dengan Ketua MPR bahwa metode sosialisasi tidak hanya mesti dilakukan di sekolah-sekolah dan kampus-kampus saja, tapi juga harus kreatif menyasar berbagai elemen masyarakat lainnya, seperti kepada para pecinta olahraga menembak ini,&doublequote; ujarnya.

Metode sosialisasi yang kreatif seperti itu, lanjut Amali, harus dikembangkan dan mesti menjadi contoh kepada anggota MPR lainnya dan elemen masyarakat yang menjadi target sosialisasi mesti mendukung upaya-upaya MPR tersebut. &doublequote;Nilai-nilai yang ada dalam Empat Pilar adalah milik kita, jika tidak kita yang berupaya memahami dan mengamalkan, lalu siapa lagi,&doublequote; tambahnya.

Setelah acara seremoni, acara dilanjutkan dengan agenda lomba. Bamsoet masuk dalam urutan pertama menjadi peserta menembak reaksi 20 meter pistol eksekutif dan berada di shooting range nomer 1. Di tengah-tengah kegiatan lomba, Ketua MPR Bambang Soesatyo menerima anugerah penghargaan Musium Rekor Indonesia (MURI) atas rekor peserta terbanyak dalam penyelenggaraan Legislator Championship 2020 yang diserahkan langsung Ketua MURI Jaya Suprana.