Jumat, 28/10/2011 18:27

SMA Titian Teras Jambi Juara Nasional LCC 4 Pilar

Sekolah Menengah Atas (SMA) Titian Teras Jambi menjadi juara nasional Lomba Cerdas Cermat (LCC) 4 Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara setelah memenangi Grand Final LCC yang diselenggarakan di Ruang Nusantara IV, Kompleks MPR/DPR/DPD, Jakarta, pada Jumat  28 Oktober 2011.

Dalam Grand Final itu, SMA Titian Teras Jambi mengungguli dua pesaingnya, SMAN 1 Wonosobo Jawa Tengah dan SMAN Gunung Talang Sumatera Barat. Sebelumnya ketiga sekolah itu lolos ke Grand Final LCC setelah lolos dalam babak putaran final yang diadakan di Jakarta pada 15-23 September 2011. Putaran final di Jakarta diikuti 33 sekolah yang menjadi juara di tingkat provinsi.

Sampai akhir lomba, SMA Titian Teras Jambi memperoleh angka 180, diikuti SMAN 1 Wonosobo yang meraih angka 140, dan SMAN Gunung Talang mendapat poin 130. Dengan raihan angka itu, SMA Titian Teras keluar sebagai juara nasional Lomba LCC 4 Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara Tingkat SLTA se-Indonesia.

Acara Grand Final LCC 4 Pilar yang berlangsung bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda itu dihadiri Ketua MPR Taufiq Kiemas dan para Wakil Ketua Hajriyanto Y. Thohari, Lukman Hakim Saifuddin, Ahmad Farhan Hamid, dan Melani Leimena Suharli. Tampak hadir dalam acara itu Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo dan Gubernur Jambi Hasan Basri Agus, dan anggota dewan.

Grand Final dibagi dalam empat babak, yaitu babak yel-yel yang berkaitan dengan Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika, serta Ketetapan MPR. Kemudian memasuki babak kedua dengan soal tematik, kemudian babak ketiga untuk soal pilihan, dan babak keempat untuk soal rebutan. Dalam Grand Final itu, Pimpinan MPR ikut membacakan soal tematik dan memberi penilaian kepada peserta.

Ketua MPR Taufiq Kiemas dalam sambutannya mengatakan Grand Final yang bersamaan dengan Peringatan Hari Sumpah Pemuda mengingatkan pada peran penting generasi muda dalam sejarah kehidupan bangsa. “Tanpa generasi muda, sebuah bangsa akan bangkrut dan lenyap. Karena generasi mudalah pemilik masa depan,” kata Taufiq Kiemas.

Menurut Taufiq Kiemas, grand final LCC ini bukan akhir perjuangan, melainkan awal perjuangan bagi para siswa untuk turut memasyarakatkan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara.

Bersamaan dengan acara Grand Final itu diumumkan pula juara Lomba Karya Tulis Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara yang diselenggarakan MPR. Untuk kategori mahasiswa, juara I Florence Silalahi, juara II Wina Puspitasari, juara III M. Lutfi Chakim, juara harapan I Zuhri, juara harapan II Susanto, dan juara harapan III Ignatius Arga N.

Untuk kategori masyarakat umum, juara I Slamet Sutrisno, juara II Ririn Handayani, juara III Fitri Wicahyati, juara harapan I Ria Casmi Arsa, juara harapan II Kiki Muhammad Hakiki, dan juara harapan III Afifi.

Share

Sampaikan Komentar Anda
Komentar untuk berita ini
Komentar (0)

LCC 2012 Seleksi Provinsi Kalimantan Timur Babak Penyisihan I