image

Anggota MPR Ajak Mahasiswa Berani Tampil Jadi Pemimpin Nasional

Rabu, 13 September 2023 21:00 WIB

Jakarta - Anggota MPR RI Fraksi PKB Siti Mukaromah, S.Ag, M.AP mengajak mahasiswa sebagai generasi muda Indonesia berani tampil menjadi pemimpin nasional.  Keberanian ini sangat penting, sebab bangsa sebesar Indonesia sangat membutuhkan sosok leader yang mampu menjawab tantangan global di masa depan.

""Ini saya katakan sebab kita berada di momen penting akan menghadapi tahun politik 2024.  Tentunya, ajakan saya itu tidak sekarang ini. Ajakan itu untuk memecut semangat mahasiswa agar mulai dari sekarang mempersiapkan diri dengan belajar dan belajar dengan giat," katanya, saat berdialog dengan para mahasiswa Fakultas Hukum dan Komunikasi Universitas Katolik Soegijapranata Semarang.

Kegiatan yang digelar atas inisiasi Biro Humas dan Sistem Informasi Setjen MPR RI ini, dilaksanakan di Gedung Nusantara V, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (13/9/2023). Turut hadir dalam acara tersebut, Wakil Dekan FH.Kom Unika Dr. Yohanes Budi Sarwo, SH, MH.

Untuk saat ini, lanjut Siti Mukaromah, mahasiswa mesti menikmati proses belajar di bangku perkuliahan, sampai saatnya nanti tampil ke panggung pimpinan nasional.  Namun, bukan sekedar menikmati.  Proses kr harus dilalui dengan berbagai kegiatan yang berkualitas.  Salah satunya, berkunjung dan berdialog di MPR RI ini.

"Sebab, pengetahuan yang kalian dapatkan di MPR RI akan menambah wawasan lebih luas lagi terutama soal ketatanegaraan. Pengetahuan ini akan sangat berguna, ketika melakukan edukasi soal sistem negara dan perpolitikan kepada masyarakat di lingkungan  masing-masing.  Edukasi yang kalian berikan akan lebih tepat, sebab kalian dapatkan langsung di lembaga parlemen," terangnya.

Selanjutnya, politisi perempuan PKB ini memberikan pemaparan seputar tugas MPR RI.  MPR RI, diungkapkannya, adalah lembaga tinggi negara setara dengan lembaga-lembaga negara lain seperti DPR, DPD dan Presiden. Keanggotaan MPR yang  berjumlah 711 anggota, terdiri dari dua unsur yakni 575 anggota DPR dan 136 anggota DPD RI.

"Komposisi Pimpinan MPR pun mencerminkan kesetaraan dan keadilan yakni berjumlah 10 orang terdiri dari, 9 orang mewakili seluruh fraksi yang ada di DPR plus 1 orang perwakilan DPD," tuturnya.

"Dengan komposisi keanggotan dan pimpinan sebesar itu, MPR RI diamanahi Undang-Undang untuk melaksanakan kewenangan dan tugasnya yang sangat luarbiasa penting untuk bangsa dan negara. Antara lain,  melantik Presiden dan Wapres terpilih, memberhentikan Presiden sesuai aturan yang berlaku, merubah dan menetapkan UUD serta melaksanakan Sosialisasi Empat Pilar MPR," terangnya.

Di sesi akhir, Siti Mukaromah membuka kesempatan tanya jawab.  Beberapa mahasiswa pun langsung mengambil peluang untuk bertanya beberapa hal. Seperti soal implementasi UUD sampai bagaimana  mencegah dan memberantas korupsi di Indonesia.


Anggota Terkait :

SITI MUKAROMAH, S.Ag, M.AP