image

Bamsoet: MPR RI Akan Gelar Turnamen Catur Indonesia Master II Piala Bergilir Ketua MPR RI Maret 2022

Kamis, 13 Januari 2022 18:33 WIB

JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo bersama Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi) akan kembali menyelenggarakan turnamen catur, Indonesia Master II, memperebutkan Piala Bergilir Ketua MPR RI pada bulan Maret 2022 di Komplek MPR RI. Melanjutkan turnamen catur Indonesia Master I yang diselenggarakan pada 12-13 Juni 2021 di MPR RI.

Selain turnamen catur Indonesia Master I dan II memperebutkan Piala Bergilir Ketua MPR RI, Bamsoet telah menyelenggarakan Turnamen Catur Piala Tetap Ketua MPR RI pada Juni 2020, yang diikuti berbagai kalangan masyarakat. Sebelumnya, saat memimpin DPR RI, Bamsoet juga pernah menyelenggarakan turnamen catur memperebutkan Piala Ketua DPR RI pada 23 Maret 2019, bahkan mendapatkan rekor MURI (Museum Rekor-Dunia Indonesia) sebagai Turnamen Catur dengan Peserta Master Terbanyak. Sehingga total sudah akan ada 4 turnamen catur yang diselenggarakan oleh Bamsoet, baik saat dirinya memimpin DPR RI hingga memimpin MPR RI.

"Turnamen catur Indonesia Master I memperebutkan Piala Bergilir Ketua MPR RI berhasil diikuti 50 peserta. Terdiri dari 4 Grandmaster, 20 Master Internasional, 6 atlit putri Pelatnas SEA GAMES, atlit catur junior rising star, dan beberapa atlit perwakilan provinsi se-Indonesia hasil seleksi/kualifikasi. Sehingga untuk Indonesia Master II, akan kita tingkatkan dengan mengundang perwakilan pecatur profesional dari berbagai negara ASEAN. Menjadikan Indonesia Master II sebagai turnamen mempererat persahabatan Indonesia dengan negara-negara ASEAN," ujar Bamsoet usai menerima panitia turnamen catur Indonesia Master II Piala Bergilir Ketua MPR RI, di Ruang Kerja Ketua MPR RI, Jakarta, Kamis (13/1/22).

Turut hadir Panitia Turnamen Catur Indonesia Master II, antara lain Ketua Oni Benyamin, Sekretaris Laode Rahman, dan Bagian Pendanaan Mansur Abdullah. Hadir pula Ketua Komunitas Pecinta Catur Indonesia Hatta Taliwang.

Ketua DPR RI ke-20 ini menjelaskan, perkembangan olahraga catur di Indonesia semakin membanggakan. Women Grandmaster Irene Kharisma Sukandar, yang juga pernah terlibat dalam turnamen catur Indonesia Master I, berhasil mencetak sejarah dengan menjadi pecatur wanita pertama yang memenangkan turnamen UAE 50th National Day Rapid Chess 2021, yang diselenggarakan di Dubai Chess Club, Uni Emirat Arab pada 1-2 Desember 2021.

"Sedangkan dalam turnamen VIII Sunway Sitges International Chess Festival di Barcelona, Spanyol, pada 23 Desember 2021, International Master Gilbert Elroy Tarigan berhasil meraih Norma Grandmaster pertama. Sementara Women International Master Ummi Fisabilillah meraih norma Women Grand Master (WGM) kedua. Serta pecatur Pelatnas termuda, Laysa Latifah yang berumur 15 tahun, melengkapi pencapaian tim Indonesia dengan meraih norma Women International Master (WIM) pertama," jelas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini menerangkan, oleh karena itu dalam turnamen catur Indonesia Master II, menargetkan para peserta terdiri dari 18 Grandmaster/International Master Perwakilan 9 Negara ASEAN, 6 orang Internasional Master Indonesia setelah melalui babak kualifikasi lichess online, 6 orang Master Nasional Indonesia setelah melalui babak kualifikasi lichess online, 6 orang Non Master Indonesia setelah melalui babak kualifikasi lichess online, 6 orang Pecatur Wanita Indonesia setelah melalui babak kualifikasi lichess online, 6 orang Pecatur Junior Indonesia setelah melalui babak kualifikasi lichess online.

"Sehingga bisa menjadi tempat berlatih sekaligus mengasah kemampuan para atlet catur nasional agar bisa lebih banyak lagi menghasilkan prestasi yang membanggakan Indonesia," pungkas Bamsoet. (*)


Anggota Terkait :

Dr. H. BAMBANG SOESATYO, S.E., S.H., M.B.A.