image

Fadel : Asing Mempertanyakan Kontestan Pemilu Masih Menjadi Bagian Dari Pemerintah

Senin, 20 November 2023 17:41 WIB

Wakil Ketua MPR RI yang juga Anggota DPD dapil Gorontalo Prof. Dr. Ir. H. Fadel Muhammad menghimbau masyarakat tetap tenang, tidak  larut dengan suhu politik jelang pemilu 2024 yang terus menghangat. Meski begitu, Fadel percaya, kegaduhan dunia politik yang semakin sering terjadi, akhir-akhir ini merupakan polemik diantara elit parpol, tidak merembes hingga ke akar rumput.

Fadel juga  percaya, pemerintah akan taat dan patuh terhadap perundangan yang mengatur pemilu. Pemerintah juga akan amanah dan  konsisten menjaga agar pemilu berlangsung secara jujur dan adil.

"Pelaksanaan pemilu yang jurdil,  menjadi pertaruhan  kepemimpinan Jokowi. Karena itu, seluruh aparat tanpa terkecuali, termasuk TNI, Polri, dan ASN harus bersikap netral," ungkap Fadel Muhammad. Pernyataan itu disampaikan Fadel di tengah kesibukannya melakukan kunjungan kerja ke Gorontalo, Senin (20/11/2023).

Fadel tidak menampik kekhawatiran sebagian masyarakat yang menyangsikan bakal tidak netralnya aparat. Apalagi, salah satu kontestan pemilihan presiden, terdapat anak dari Presiden Joko Widodo. Karena itu Fadel mengingatkan  pentingnya netralitas aparat.

"Stop larang-melarang terhadap salah satu kontestan, seperti yang terjadi beberapa waktu lalu. Pemerintah juga harus menunjukkan  contoh-contoh prilaku yang baik  bagi seluruh masyarakat, bukan malah sebaliknya," kata Fadel menambahkan.

Pelaksanaan pemilu di Indonesia, kata Fadel tak luput dari perhatian dunia internasional.  Beberapa koleganya dari luar negeri mengajukan berbagai pertanyaan terkait pelaksanaan pilpres dan pileg. Antara lain, menyoal  kontestan yang masih menjadi bagian dari pemerintah.

"Pertanyaan itu saya jawab bahwa aturan di kita belum terlalu jelas. Dan itu menjadi salah satu kekurangan dari UU pemilu kita. Karena itu,  sangat penting para kandidat memiliki dan menjaga moral selama proses pemilihan umum," tutup Fadel.


Anggota Terkait :

Prof. Dr. Ir. FADEL MUHAMMAD