image

Gelar Sosialisasi Empat Pilar, Fadel Muhammad: Nilai Empat Pilar Perkuat Eksistensi Bangsa

Minggu, 10 Desember 2023 08:47 WIB

Gorontalo - Bertempat di Rumah Aspirasi Fadel Muhammad di kawasan Kota Tengah, Kota Gorontalo, Sabtu malam (9/12/2023), Wakil Ketua MPR RI Prof. Dr. Ir. H. Fadel Muhammad menggelar Sosialisasi Empat Pilar MPR RI kerjasama MPR dengan SDGS Lumbung Informasi Rakyat (Lira) Provinsi Gorontalo.

Turut hadir dalam acara, Ketua Umum SDGS Lira Ibu Hana Hasanah Shahab, anggota Lira , serta tokoh masyarakat, tokoh agama dan masyarakat sekitar sebagai peserta.

Dalam paparannya, Fadel Muhammad mengungkapkan bahwa nilai-nilai yang ada dalam Empat Pilar MPR yakni Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, memperkuat eksistensi bangsa yang sangat beragam yang bernama negara Indonesia.

"Bayangkan, keberagaman Indonesia begitu besar dari mulai suku, agama, ras, bahasa. Namun, bisa menyatu dengan sangat kuat karena implementasi nilai-nilai Empat Pilar MPR yang juga sangat kuat," ujar Pimpinan MPR dari Kelompok DPD RI ini.

Fadel Muhammad mengatakan, pertemuan dan silaturahmi di acara ini juga merupakan bentuk dari pemahaman sekaligus realisasi dari Empat Pilar.

"Saya tidak bisa membayangkan sangat 'ngeri' sekali,  jika di Indonesia tidak ada Empat Pilar MPR.  Banyak negara yang memiliki keberagaman lebih sedikit dari Indonesia, bisa konflik dan perang yang sangat menyengsarakan rakyat.  Nilai Empat Pilar sebagai perekat bangsa memang sangat dibutuhkan rakyat Indonesia," terangnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum SDGS Lira Ibu Hana Hasanah Shahab sangat menyetujui apa yang disampaikan Fadel Muhammad.

"Nilai-nilai dalam Empat Pilar MPR memang terbukti selama ini mampu menjaga eksistensi bangsa kita.  Untuk itu, saya mengajak masyarakat terus berupaya memahami dan menjalankan Empat Pilar dalam kehidupan sehari-hari, terutama di lingkungan keluarga masing-masing," ujarnya.


Anggota Terkait :

Prof. Dr. Ir. FADEL MUHAMMAD