image

Hadiri Launching Koperasi KTNM, Fadel Muhammad: Sebuah Upaya Serius Tingkatkan Pendapatan Petani Gorontalo

Kamis, 18 April 2024 11:30 WIB

Gorontalo - Wakil Ketua MPR RI Prof. Dr. Ir. Fadel Muhammad menghadiri dan menyaksikan launching perdana Koperasi Konsumen Tani Nusantara Mandiri (KTNM), sekaligus penandatanganan MoU antara Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo dengan Koperasi KTNM, PT. Casagro FP, PT Charoen Pokphand Indonesia tentang pengembangan Komoditi Jagung Di Kab. Gorontalo.

Acara yang digelar di desa Labahu, Kecamatan Tibawa, Kabupaten Gorontalo, Rabu (17/4/2024) ini, juga dihadiri perwakilan Bank SulutGo, BRI, para camat, lurah, OPD, para penyuluh pertanian dan para petani sekitar.

Dalam sambutannya, mantan Gubernur Provinsi Gorontalo dua periode ini, menyampaikan bahwa pembentukan koperasi ini merupakan upaya serius dari pemerintah kabupaten Gorontalo, untuk meningkatkan pendapatan petani dengan penguatan bibit, pupuk yang bagus dan berkualitas serta akses pasar untuk penjualan produk.

"Memang permasalahan petani jagung di Gorontalo ini berkutat seputar bibit dan pupuk yang mahal. Dengan adanya koperasi dan kerjasama dengan Casagro dan Charoen Pokphand akan tersedia bibit dan pupuk yang berkualitas dan sangat terjangkau, sehingga  akan lebih memudahkan para petani," ungkapnya.

Upaya yang di lakukan Bupati Gorontalo tersebut, lanjut Fadel Muhammad perlu mendapatkan dukungan semua pihak.  "Pada intinya, kita semua ingin petani menghasilkan pendapatan yang layak. Itu saja dulu. Jika ini berhasil maka, ujungnya adalah kesejahteraan petani dan rakyat meningkat dan stabil," tambahnya.

Dalam Kesempatan, Fadel Muhammad mengungkapkan bahwa sebagai tahap awal upaya pengembangan komoditi jagung, akan diuji cobakan pupuk yang sangat bagus dan terjangkau yakni pupuk batubara. Sudah diuji cobakan dan hasilnya sangat baik. Jika pupuk ini memang bagus dan cocok di Gorontalo, maka wacana investasi dari investor untuk membuat pabrik Pupuk bisa terealisasi.

"Saya harap semua ini akan berhasil di Kabupaten Gorontalo. Setelah itu akan merambah ke kabupaten lain di Gorontalo dan bisa naik level menjadi program nasional ," pungkasnya.


Anggota Terkait :

Prof. Dr. Ir. FADEL MUHAMMAD