image

Ketua MPR RI Bamsoet Dukung Atlet Balap Sepeda Indonesia Bertanding di Kejuaraan Balap Sepeda Dunia Petronas Le Tour de Langkawi Malaysia

Jumat, 07 Oktober 2022 19:16 WIB

JAKARTA - Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo melepas secara simbolik enam atlet balap sepeda Indonesia yang tergabung dalam MULA Cycling dibawah binaan Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI) yang dipimpin Ketua Umum Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo. MULA Cycling akan berlaga dalam event balap sepeda bergengsi dunia sekaligus terbesar di Asia Timur, Petronas Le Tour de Langkawi, di Malaysia, tanggal 11-18 Oktober 2022.

"Melintasi beberapa wilayah di Semenanjung Malaysia dengan jarak tempuh mencapai 1.183 Km. Dimulai dari Kuala Lumpur, berakhir di Pulau Langkawi, yang terbagi menjadi delapan etape. Diikuti sekitar 22 team dari berbagai negara dunia. Antara lain 6 team dari negara Eropa, 1 team dari USA, serta 3 team dari Malaysia. Kita doakan MULA Cycling bisa memberikan yang terbaik bagi bangsa," ujar Bamsoet usai melepas secara simbolik para atlet balap sepeda MULA Cycling, di Jakarta, Jumat (7/10/22).

Turut hadir para atlet balap sepeda MULA Cycling antara lain, Aiman Cahyadi, Muhammad Andi Royan, Ahmad Yoga Ilham Firdaus, Sandy Nurhasa, dan Muhammad Abdurrahman, Muhammad Nur Fathoni. Hadir pula Official Team MULA Cycling antara lain Wawan Setyo Budi, Arin Iswana, dan Unggul Rustomo. Serta Masseur Sulbani, Mechanic Yudi Rahmad, Sport Director Agung Purwanto, dan Sekjen PB ISSI Parama Nugroho.

Ketua DPR RI ke-20 dan mantan Ketua Komisi III DPR RI bidang Hukum, HAM, dan Keamanan ini menjelaskan, sebagai salah satu tim sepeda terbaik Indonesia, MULA Cycling berhasil masuk dalam 20 besar rangking Asia. MULA Cycling juga telah memberikan banyak kontribusi bagi bangsa. Misalnya dalam ajang Sea Games 2019 di Manila, atlet MULA Cycling, Aiman Cahyadi, berhasil mempersembahkan medali emas dari nomor individual time trial. Serta Sandy Nur Hasan yang berhasil mempersembahkan medali Perak di nomor road race.

"Sedangkan di ajang Sea Games 2022 di Vietnam, Aiman Cahyadi berhasil mempersembahkan dua medali medali perak, masing-masing dari nomor individual time trial dan nomor road race," jelas Bamsoet.

Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan Ketua Umum Pengurus Besar Keluarga Olahraga Tarung Derajat (PB KODRAT) ini menambahkan, prestasi para atlet MULA Cycling lainnya juga tidak kalah cemerlang. Misalnya Ahmad Yoga Ilham Firdaus yang menjadi juara 1 Road Race LCC Series 29 pada tahun 2019 serta juara 2 KOM Tour de Selangor Malaysia tahun 2019. Sedangkan Jamalidin Novardianto, berhasil menjadi Best Asia Rider Etape 1 Tour de Taiwan 2020, Best Asia Rider Etape Tour de Langkawi 2022, dan juara 1 etape 5 Ronda Pilipinas 2019.

"Hanya ada dua peristiwa yang bisa mengibarkan bendera Merah Putih dan mengumandangkan lagu Indonesia Raya di luar negeri, yakni kunjungan kenegaraan kepala negara, serta atlet yang memenangkan kejuaraan. Kita doakan melalui MULA Cycling, bendera Merah Putih dan lagu Indonesia Raya bisa berkumandang di ajang Petronas Le Tour de Langkawi, di Malaysia, pada 11-18 Oktober 2022," pungkas Bamsoet. (*)


Anggota Terkait :

Dr. H. BAMBANG SOESATYO, S.E., M.B.A.