image

Ketua Umum IMI Bamsoet Dukung Pembalap Cilik Indonesia Berlaga di FIM MiniGP World Series 2022 Valencia Spanyol

Rabu, 19 Oktober 2022 12:53 WIB

JAKARTA - Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo menggratiskan Kartu Ijin Start Internasional bagi dua pemenang FIM MiniGP Indonesia Series 2022, Clevan Lois Valera Octavianus (10 tahun) dan Lanova Tantra Mahardika (14 tahun), yang akan bertanding membawa nama Indonesia dalam ajang FIM MiniGP World Series 2022 di Valencia, Spanyol, pada 1-3 November 2022, satu minggu sebelum pelaksanaan MotoGP Valencia pada 6 November 2022. Clevan dan Lanova akan bertanding melawan 36 pembalap muda yang merupakan dua pemenang FIM MiniGP dari 18 negara.

"IMI juga memberikan tambahan dana untuk mendukung kegiatan mereka selama di Valencia, serta membantu mereka dalam mengurus visa di kedutaan Spanyol. Ini merupakan bentuk dukungan IMI terhadap perjuangan mereka dalam mengharumkan nama Indonesia. Tanggal 27 November 2022. mereka akan berangkat ke Valencia untuk melakukan berbagai persiapan. Mari doakan agar mereka bisa memberikan yang terbaik bagi bangsa," ujar Bamsoet usai menerima Clevan Lois Valera Octavianus dan Lanova Tantra Mahardika, di Jakarta, Rabu (19/10/22).

Turut hadir antara lain, Bima Octavianus (ayahanda Clevan Louis Valera Octavianus), Heru Apriyanto (ayahanda Lanova Tantra Mahardika), Sekretaris IMI DKI Jakarta Dodi Irawan, dan mentor para pembalap FIM MiniGP Indonesia Series 2022 Doni Tata.

Ketua DPR RI ke-20 dan mantan Ketua Komisi III DPR RI bidang Hukum, HAM, dan Keamanan ini menjelaskan, mulai tahun 2022 ini, Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM) dan Dorna Sports telah mengenalkan event baru, FIM MiniGP World Series. Sebuah kejuaraan balap motor dunia yang diikuti pembalap muda dari berbagai negara dunia, berusia 10 hingga 14 tahun.

"Setelah dari FIM MiniGP World Series, para pembalap muda Indonesia tersebut bisa lanjut mengikuti berbagai kejuaraan bergengsi seperti Red Bull MotoGP Rookie maupun Asia Talent, Moto3, Moto2, hingga akhirnya bisa ke MotoGP," jelas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum, Pertahanan dan Keamanan KADIN Indonesia ini menerangkan, kesuksesan penyelenggaraan FIM MiniGP Indonesia Series 2022 membuktikan komitmen IMI dalam membuka pintu gerbang bagi para pembalap muda Indonesia menuju pentas dunia. Sekaligus bentuk keseriusan IMI dalam pembinaan berjenjang dengan arah yang sangat jelas.

"Di tahun 2023 nanti, IMI bersama FIM dan Dorna Sport juga akan menyelenggarakan FIM MiniGP Indonesia Series 2023. Sehingga bisa memastikan pembinaan atlet balap muda tetap berjalan berkesinambungan, sekaligus meneguhkan posisi Indonesia sebagai bagian dari pusat industri dan olahraga balap motor dunia," pungkas Bamsoet. (*)


Anggota Terkait :

Dr. H. BAMBANG SOESATYO, S.E., S.H., M.B.A.