image

Kunjungi Fadel Muhammad, Para Kades Kabupaten Bone Bolango Sampaikan Aspirasi

Sabtu, 27 Januari 2024 11:55 WIB

Gorontalo - Sekitar puluhan Kepala Desa Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo menyambangi Wakil Ketua MPR RI Prof. Dr. Ir. H. Fadel Muhammad, di Rumah Aspirasi Fadel Muhammad, di Kota Gorontalo, Jumat (26/1/2024). Kedatangan mereka untuk menyampaikan langsung aspirasi dan harapan.

Menurut Pimpinan MPR dari Kelompok DPD RI ini, kepada wartawan usai pertemuan, para Kades menyampaikan  beberapa hal. Pertama, ingin agar dana desa dinaikkan, Kedua, pengelolaan dana desa langsung dilakukan oleh desa. Ketiga, dihidupkan kembali tunjangan kinerja pemerintahan desa.

"Saya dengarkan dan terima aspirasi mereka ini. Soal dana desa dan pengelolaan oleh desa, menurut saya itu baik sebab yang tahu masalah dan bagaimana cara membangun desa ya mereka sendiri. Lalu soal tunjangan kinerja, itu perlu agar para Kepala Desa  dan aparatnya berkompetisi dalam kebaikan yakni membangun desa dan rakyatnya," ujar anggota DPD RI Dapil Provinsi Gorontalo ini.

Terkait tunjangan kinerja untuk pemerintahan desa, sudah dilakukan Fadel Muhammad  saat menjabat Gubernur Provinsi Gorontalo selama dua periode.

"Tunjangan kinerja ini mampu menaikkan profesionalitas kerja desa dalam memaksimalkan  potensi desa, untuk kesejahteraan rakyat. Ini betul-betul saya rasakan manfaatnya waktu itu. Sekarang tidak ada lagi, entah kenapa. Padahal program yang baik-baik, harusnya diteruskan dan ditingkatkan kualitasnya. Jangan malah dihentikan," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, koordinator delegasi,  Ketua DPC APDESI Kabupaten Bone Bolango Mohamad Yamin yang juga menjabat Kades Kramat, Kecamatan Tapa, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo sangat mengapresiasi penerimaan Fadel Muhammad.

"Intinya, aspirasi yang kami sampaikan adalah titipan dari masyarakat di desa-desa yang kami pimpin.  Dan maksud kami menyampaikan aspirasi ini, agar mendapatkan perhatian dari Pemerintah Daerah Gorontalo," tandasnya.

Di sesi akhir, Fadel Muhammad memberikan buku hasil buah pikirnya berjudul 'Fadel Muhammad: Building A Legacy', yang berisi pengalaman hidupnya termasuk saat memimpin Gorontalo sebagai Gubernur, kepada para Kades.

"Mudah-mudahan bisa menjadi pembelajaran dan inspirasi juga motivasi, untuk para Kades dalam memimpin desanya masing-masing," imbuhnya.

Beberapa hari sebelumnya, Fadel Muhammad juga menerima kunjungan silaturahmi puluhan Kepala Desa dari beberapa Kabupaten seperti Gorontalo Utara dan Kabupaten Gorontalo, yang pada intinya menyampaikan aspirasi yang sama.


Anggota Terkait :

Prof. Dr. Ir. FADEL MUHAMMAD