image

Sosialisasi Empat Pilar Pada Warga Bogor, Sjarifuddin Hasan: Dalam Pemilu Pilih Calon Terbaik Buat Bangsa dan Negara

Minggu, 21 Januari 2024 21:10 WIB

Jalan setapak dan curam di Kampung Kramat, Kelurahan Panaragan, Kota Bogor, Jawa Barat, tidak menjadi halangan bagi Wakil Ketua MPR Prof. Dr. H. Sjarifuddin Hasan SE. MM. MBA; untuk menapaki.

Kehadiran Politisi Partai Demokrat di perkampungan di tengah kota, 21 Januari 2024, memberi kejutan bagi warga di sana. Di sepanjang jalan setapak di perkampungan padat pendududuk itu, Sjarifuddin Hasan menyapa dan menjabat tangan warga. Warga pun membalasnya bahkan menyebut nama anggota DPR dari Dapil Kota Bogor dan Kabupaten Cianjur itu.

Hari itu dirinya melintasi Kampung Kramat untuk menuju Balai Serbaguna, Kampung Lebak Sari, Kelurahan Paledang. Kehadiran pria yang menjadi Guru Besar Universitas Negeri Makassar di balai tersebut sudah ditunggu ratusan warga terutama para ibu rumah tangga.

Mereka memenuhi balai seluas lapangan badminton itu untuk mengikuti Sosialisasi Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika atau yang lebih popular disebut Empat Pilar MPR.

Di hadapan warga, anggota Komisi I DPR itu mengatakan salah satu tugas MPR adalah melakukan Sosialisasi Empat Pilar. “Ini merupakan amanat dari undang-undang”, ujarnya. Empat Pilar MPR perlu disosialisasikan selain untuk dipahami juga penting diimplementasikan dalam keseharian. “Bila Empar Pilar MPR diimplementasikan dalam keseharian maka kehidupan masyarakat bisa rukun dan damai”, tuturnya.

Saat membahas UUD, dirinya menuturkan sebentar lagi bangsa Indonesia akan melaksanakan pemilu. Pemilu menurut Menteri Koperasi dan UMKM di masa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono merupakan amanat dari UUD NRI Tahun 1945. “Dalam Pasal 22E ayat (1) disebut pemilu dilaksanakan secara luber dan jurdil setiap lima tahun sekali”, tuturnya. “Pemilu diselenggarakan untuk memilih anggota dewan perwakilan rakyat, dewan perwakilan daerah, presiden dan wakil presiden dan dewan perwakilan rakyat daerah”, tambahnya.

Terkait amanat UUD, sebagai wargan negara yang baik harus mendukung dengan jalan berpartisipasi aktif dalam pemilu dengan cara datang ke tempat pemungutan suara. “Silahkan pilih yang terbaik buat bangsa dan negara”, tegasnya. “Pilih calon yang dapat dipercaya dan mampu melaksanakan amanah dari hak-hak rakyat”, tambahnya.

Kepada wartawan, dirinya mengatakan senang bisa melakukan sosialisasi kepada warga Kampung Lebak Sari. Diungkap, ia sudah beberapa kali bersilaturahmi dengan warga di sana. “Mereka masih ingat saya”, tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut para ibu berkeluh kesah tentang semakin mahalnya kebutuhan sehari-hari. “Keluh kesah para warga di sana akan kita perbaiki lewat Pemilu Tahun 2024 ini”, tegasnya.

Di hari yang sama, Sjarifuddin Hasan juga melakukan Sosialisasi Empat Pilar MPR kepada ratusan warga yang ada di Kampung Bojong Neros, Kelurahan Curug, Kecamatan Bogor Barat.


Anggota Terkait :

Prof. Dr. H. SJARIFUDDIN HASAN, M.M, M.B.A.