image

Sosialisasi Empat Pilar di Desa Bunuyo, Fadel Muhammad Paparkan Seputar Kewenangan MPR RI

Kamis, 25 Januari 2024 13:10 WIB

Pohuwato - Wakil Ketua MPR RI Prof. Dr. Ir. H. Fadel Muhammad mengungkapkan bahwa Indonesia memiliki satu lembaga tinggi negara yakni MPR RI yang memiliki tugas dan kewenangan yang sangat luarbiasa dan hanya MPR yang memilikinya. Yakni, berwenang merubah dan menetapkan konsitusi atau UUD NRI Tahun 1945 dan melantik serta memberhentikan Presiden RI.

"Kewenangan ini tidak ada di lembaga tinggi negara lainnya. Dan saya putera Gorontalo adalah salah satu pimpinan dan 10 orang pimpinan MPR yang ada. Dari 10 pimpinan  tersebut, 9 orang mewakili partai politik. Hanya saya sendiri yang mewakili daerah yakni dari kelompok DPD RI, " katanya, saat menyampaikan materi Sosialisasi Empat Pilar MPR RI  kepada masyarakat desa Bunuyo, Kecamatan Paguat, Kabupaten Pohuwato, Gorontalo, Rabu (24/1/2024).

Turut hadir dalam kegiatan hasil kerjasama MPR dengan Ikatan Pemuda dan Pemudi Gorontalo (IPPG) tersebut, staf ahli Wakil Ketua MPR Fadel Muhamad, Hasan Shahab, Kepala Desa Bunuyo Nikson Husain serta tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat.

Lebih jauh, Fadel Muhammad menyampaikan bahwa lembaga MPR saat era kekuasaan orde baru, sempat menjadi lembaga superbodi yakni sebagai lembaga tertinggi negara.

Saat itu, Presiden RI dipilih oleh MPR sebagai mandataris MPR. Pasca reformasi bergulir, dilanjutkan dengan amandemen UUD 1945, MPR berubah menjadi lembaga tinggi negara, setara dengan lembaga negara tinggi lainnya, seperti DPR, DPD, Presiden, Mahkamah Konstitusi, Mahkamah Agung, Komisi Yudisial, Badan Pemeriksa Keuangan, dan Komisi Pemberantasan Korupsi.

Seperti biasa, di setiap kesempatan bertemu dengan masyarakat Gorontalo, Fadel Muhammad tidak bosan-bosan memberikan  edukasi tentang Pemilu serentak 2024. Pemilu 2024 dikatakan Fadel Muhammad merupakan pesta demokrasi rakyat setiap lima tahun sekali, untuk memilih Presiden, Wakil Presiden, calon anggota legislatif, dan Kepala Daerah.

"Saya berpesan kepada bapak dan ibu, gunakan hak pilih kalian dengan bijak.  Sebab, pilihan rakyatlah yang akan menentukan nasib rakyat selama lima tahun ke depan. Jadi jangan asal pilih, apalagi karena dikasih uang dengan iming-iming yang muluk. Pilihlah yang sudah terbukti bekerja untuk rakyat," terangnya.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Desa Bunuyo Nikson Husain tidak mengira desanya dikunjungi tokoh nasional Fadel Muhammad yang menjabat sebagai salah satu Pimpinan lembaga tinggi negara MPR RI.

"Ini desa kecil, kami merasa terhormat. Apalagi materi Sosialisasi Empat Pilar yang disampaikan Fadel Muhammad,  memberikan wawasan dan pengetahuan baru buat masyarakat. Pesan beliau seputar Pemilu 2024 yang akan terselenggara, juga akan kami ingat dan akan kami laksanakan," tandasnya.


Anggota Terkait :

Prof. Dr. H. SJARIFUDDIN HASAN, M.M, M.B.A.