image

Syarief Hasan Dorong Anak-Anak Muda Menjadi Milenialpreneur

Sabtu, 27 Januari 2024 06:36 WIB

Wakil Ketua MPR Prof. Dr. Sjarifuddin Hasan, MM, MBA, mendorong anak-anak muda untuk menggunakan kesempatan dan peluang yang ada untuk menjadi entrepreneur (milenialpreneur). Ekonomi yang semakin terbuka seperti sekarang ini merupakan sebuah opportunity (kesempatan) dan peluang yang bisa dimanfaatkan anak-anak muda untuk menjadi wiraswasta (pengusaha atau entrepreneur).

"Di ekonomi terbuka ini, para milenialpreneur tidak lagi mempersoalkan pasar karena pasar sudah tidak ada lagi batasnya. Kita bisa memasarkan produk ke luar, dan Indonesia juga dibanjiri produk dari luar," katanya usai menjadi narasumber dalam "Ngobrol Bareng Bersama Legislator" dengan tema "Milenialpreneur: Ekonomi Digital dan Kewirausahaan Bagi Anak Muda" di Gedung Sinar Sunda, Cianjur, Jumat petang (26/1/2024). Turut berbicara narasumber lain dari Universitas Suryakancana Cianjur yaitu Hesti Dwi Astuti, SH dan M. Budi Mulyadi, SH.

Menurut Syarief Hasan, sapaan Sjarifuddin Hasan, di era digital ini, anak-anak muda agar bisa menguasai teknologi. Selain itu, anak-anak muda agar memanfaatkan teknologi informasi itu untuk hal-hal yang positif. "Era digital ini merupakan sebuah kesempatan dan peluang. Anak-anak muda biasanya cepat adaptif dengan perkembangan teknologi informasi. Kita tinggal mendorong anak-anak muda untuk memanfaatkan situasi ini menjadi seorang wiraswasta," katanya.

Lebih lanjut Syarief Hasan mengatakan dengan penguasaan teknologi informasi maka kewirausahaan di kalangan milenial bisa ditumbuhkan. "Caranya adalah melalui pendampingan kepada milenial, memberikan kemudahan kepada mereka. Kita dampingi para milenial ini hingga pemasaran produk. Dengan cara seperti ini, para milenialpreneur mendapatkan kesempatan yang lebih luas," papar Wakil Ketua MPR dari Fraksi Partai Demokrat ini.

Syarief Hasan mengungkapkan perkembangan ekonomi digital sangat pesat. Karena itu, anak-anak muda agar memanfaatkan ekonomi digital ini melalui kegiatan-kegiatan ekonomi. "Pertumbuhan ekonomi Indonesia di kisaran 5 persen menjadi sebuah opportunity bagi pelaku-pelaku di sektor ekonomi digital. Anak-anak muda memiliki kemampuan adaptif dengan ekonomi digital ini," ujarnya.

Syarief Hasan berharap kesempatan di era digital ini dapat dimanfaatkan untuk menaikkan tingkat kehidupan ekonomi anak-anak muda. Bagi anak-anak muda yang sudah bekerja dapat meningkatkan kapasitasnya di bidang kewirausahaan. Sementara bagi anak-anak muda yang masih duduk di bangku sekolah atau kuliah bisa menekuni pengetahuan di bidang entrepreneur.

"Semua harus melewati proses. Apalagi anak-anak muda adalah generasi yang tahan banting, karena kalau mengalami kegagalan akan cepat bangkit kembali. Penting dicatat, pengusaha yang sukses pernah gagal," tuturnya memotivasi peserta Ngobrol Bareng Legislator yang diikuti generasi muda ini.

Syarief Hasan meyakini generasi muda atau generasi milenial memiliki kekuatan dan kemampuan menghadapi segala tantangan yang ada. "Jadi peluang dan kesempatan di era digital ini agar dimanfaatkan sebaik-baiknya terutama bagi anak-anak muda, generasi milenial yang ingin meniti karir di bidang kewirausahaan," pungkasnya.


Anggota Terkait :

Prof. Dr. H. SJARIFUDDIN HASAN, M.M, M.B.A.