image

Tantangan Bangsa Pasca Pemilu Makin Berat, Fadel Muhammad Ajak Masyarakat Perkuat Pemahaman Empat Pilar

Jumat, 26 Januari 2024 11:50 WIB

Gorontalo - Wakil Ketua MPR RI Prof. Dr. Ir. H. Fadel Muhammad mengungkapkan bahwa sebagai negara besar, Indonesia pasti juga dihadapkan pada tantangan dan hambatan yang besar juga, baik dari internal maupun eksternal.

Menurut Fadel Muhammad, tantangan dan hambatan terbesar datang dari eksternal yang merembet ke internal bangsa Indonesia. Ini harus diwaspadai, sebab Indonesia adalah negara yang sangat luas dan kaya akan sumber daya alam, yang menjadi incaran banyak negara maju.

"Banyak yang ingin bikin di Indonesia terjadi konflik baik antar suku, agama dan budaya. Ketika, di internal Indonesia saling bermusuhan maka akan sangat mudah bagi bangsa lain masuk dan menguasai. Kita tidak ingin kejadian Timor Timur yang lepas terjadi lagi," kata Pimpinan MPR dari Kelompok DPD RI Dapil Gorontalo ini.

Hal tersebut disampaikan Fadel Muhammad, saat menghadiri Sosialisasi Empat Pilar MPR RI kerjasama MPR dengan Komunitas Petani Muda Gorontalo (KPMG), di Desa Molosipat Utara, Kecamatan Popayato Barat, Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo, Kamis (25/1/2024).

Hadir dalam kegiatan itu, Kepala Desa Molosipat Utara Masrin Husain, para tokoh masyarakat, tokoh agama dan masyarakat sekitar sebagai peserta.

Untuk membentengi rakyat Indonesia dari potensi perpecahan antar anak bangsa, apalagi Indonesia akan menghadapi perhelatan besar Pemilu setengah 2024, maka semua harus memahami dan mengamalkan nilai-nilai luhur bangsa yang ada dalam Empat Pilar yakni Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

"Kompetisi dalam pemilu 2024 nanti sangat ketat dan kental potensi konflik karena perbedaan pilihan.  Untuk itu mulai dari sekarang, antar rakyat mesti saling menyadarkan bahwa Pemilu adalah sarana agar rakyat memiliki pemimpin nasional yang akan mampu mensejahterakan seluruh rakyat tanpa kecuali, sehingga tidak perlu saling menghina dan saling berkonflik. Walaupun beda pilihan tetap jaga persatuan dan kesatuan," tandasnya.


Anggota Terkait :

Prof. Dr. Ir. FADEL MUHAMMAD