image

Temu Tokoh Nasional Unisan Gorut, Fadel Muhammad: Kampus Ini Bukti Kepedulian Saya Mengembangkan SDM Daerah

Selasa, 12 Desember 2023 10:10 WIB

Gorut - Wakil Ketua MPR RI Prof. Dr. Ir. H. Fadel Muhammad mengungkapkan bahwa salah satu faktor utama tumbuh berkembang dan majunya sebuah daerah bahkan negara, sangat ditentukan oleh kualitas dan kuantitas Sumber Daya Manusia (SDM) nya. Dan sumber lahirnya SDM unggul melalui lembaga pendidikan.

Begitu pentingnya pembangunan SDM tersebut, sampai membuat Fadel Muhammad saat menjabat Gubernur Provinsi Gorontalo selama dua periode mencantumkan pembangunan SDM di posisi pertama dari tiga program utamanya sebagai Gubernur. Dua program lainnya adalah, Pertanian yang difokuskan  pada komoditas jagung. Ketiga, Perikanan dan Kelautan yakni ikan tangkap, ikan budidaya dan rumput laut.

Hal tersebut disampaikan Pimpinan MPR dari Kelompok DPD RI ini kepada para dekan, dosen, mahasiswa dan mahasiswi Unisan Gorut, yang hadir dalam acara 'Temu Tokoh Nasional/Kepemudaan/Keagamaan/Civitas Academica ' kerjasama MPR dengan Universitas Ichsan Gorontalo Utara (Unisan Gorut), di aula pertemuan Unisan Gorut, Kecamatan Kwandang, Gorut, Senin (11/12/2023).

Turut hadir dalam acara, Ibu Hana Hasanah, Staf Khusus Fadel Muhammad Hasan Shahab, Rektor Unisan Gorut Dr. Fatmah M. Ngabito dan Wakil Rektor III Bachtiar Senung, M.Kom.

Bidang SDM, lanjut Guru Besar Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) Universitas Brawijaya (UB) bidang Kewirausahaan Sektor Publik ini, kemudian mendapat perhatian yang besar, sebab akan sangat sulit bagi dirinya mengembangkan Provinsi yang baru saja dimekarkan dari induknya Provinsi Sulawesi Utara tanpa SDM yang mumpuni.

"Saya harus memutar otak bagaimana melahirkan SDM unggul, karena UU mengatakan kalau daerah pemekaran tidak maju akan dikembalikan lagi ke induknya.  Saya berpikir untuk segera membangun lembaga-lembaga pendidikan tinggi yang baik, berkualitas dan terjangkau untuk masyarakat," katanya.

Diceritakan Fadel Muhammad, gerakan pertama mengembangkan kampus IKIP Gorontalo menjadi Universitas Negeri Gorontalo dengan rektor pertamanya Nelson Pomalingo yang saat ini menjabat Bupati Gorontalo. Lalu Fadel Muhammad melirik pengembangan perguruan tinggi swasta.

"Ichsan waktu itu masih kecil belom tersentuh pengembangan. Saya bantu mendukung, membina. Perjalanan kampus ini menjadi Universitas Ichsan sampai seperti ini sangat panjang perjalanannya. Intinya saya kawal terus sampai berdiri bagus dan hadir di setiap Kabupaten di Provinsi Gorontalo. Alhamdulillah, kini sudah ada di Pohuwato, Boalemo, Gorut," papar Anggota DPD RI Dapil Provinsi Gorontalo ini.

Ditegaskan Fadel Muhammad, perjuangan mendirikan dan mengembangkan lembaga pendidikan tinggi itu sangat sulit dan tidaklah mudah. Untuk itu, Fadel berharap agar para mahasiswa dan mahasiswi jangan menyia-nyiakan kesempatan menuntut ilmu di Unisan Gorut. Harus belajar dengan rajin dan giat.

"Saya harap selama proses kuliah, kalian harus mulai mengembangkan pemikiran yang namanya Entrepreneurial Mind.   Berpikir secara entrepreneur.  Jadi, kalian akan siap ketika lulus kuliah mau kemana. Tidak monoton, hanya ada satu dalam pikiran setelah lulus kuliah kemana melamar kerja," urainya.

Fadel Muhammad mengungkapkan bahwa potensi perekonomian di seluruh wilayah Gorontalo sangat baik, seperti pertanian, peternakan, perikanan, pariwisata juga mineral dan tambang. Hal itulah yang menjadi tolak ukur dan parameter Fadel Muhammad  menginisiasi pengembangan Gorontalo menjadi sebuah Provinsi tersendiri.  

"Tidak mungkin ujug-ujug saya minta pemekaran kalau saya tidak melihat dan yakin akan potensi Gorontalo di masa depan," tambahnya.

Fadel Muhammad mendorong mahasiswa-mahasiswi untuk terus mengembangkan entrepreneurial mindnya, hingga pada akhirnya bisa meneruskan pengembangan Provinsi Gorontalo lebih baik dari yang dilakukannya.


Anggota Terkait :

Prof. Dr. Ir. FADEL MUHAMMAD