image

Ahmad Basarah: Sidang Tahunan MPR Akan Menjadi Tradisi Kenegaraan

Jumat, 03 Juli 2015 00:04 WIB

Jakarta- Tidak lama lagi Indonesia akan memiliki sebuah tradisi ketatanegaraan yang sangat baik yang diselenggarakan MPR RI yakni Sidang tahunan MPR RI pada tanggal 14-16 Agustus 2015.

Sidang Tahunan adalah Konfensi Ketatanegaraan yang baru yang telah diatur dalam Tata tertib MPR dimana setiap tanggal 14-16 Agustus sebelum peringatan HUT RI, lembaga-lembaga negara difasilitasi oleh MPR untuk melakukan pelaporan kinerja lembaga negaranya kepada rakyat melalui lembaga MPR RI.

Menurut Ketua Badan Sosialisasi MPR RI, H. Ahmad Basarah,  hal itu dipandang perlu agar dalam mekanisme laporan kinerja lembaga-lembaga negara kepada rakyat semua lembaga negara itu memberikan penjelasan kepada rakyat tentang apa yang telah mereka kerjakan setelah satu tahun masa pengabdian mereka. Sehingga oleh karena itu Insya Allah mulai tahun ini di tanggal 14-16 Agustus MPR akan mengadakan Sidang Paripurna MPR.

Saya melihat tradisi ketatanegaraan Sidang Tahunan ini akan menjadi tradisi yang baik untuk rakyat.  Sebab, rakyat bisa mengetahui sejauh mana kinerja lembaga-lembaga negara.  Dan itulah dampak positif kepada rakyat secara keseluruhan itulah yang akan kita bangun melalui Sidang Tahunan.  Lembaga-lembaga negara dalam koordinasi dnegan Pimpinan MPR RI sangat menyambut baik gelaran Sidang Tahunan MPR RI, ujarnya, di Ruang Fraksi PDIP MPR RI, Kompleks Gedung MPR/DPR/DPD, Senayan, Jakarta, Kamis ( 2/7 ).

Tradisi ketatanegaraan baru sudah mulai dimunculkan Presiden Jokowi tahun 2014 lalu.  Saat, baru dilantik di MPR RI, Presiden Jokowi di Istana negara kemudian melakukan trdaisi baru yakni melakukan serah terima jabatan dari Presiden lama ke Presiden yang baru dilantik.  Tradisi serah terima tersebut sebelumnya tidak ada. Biasanya, setelah dilantik Presiden langsung menjalankan tugasnya tanpa seremoni serah terima.

“Karena tradisi tersebut dianggap baik oleh masyarakat, kemungkinan tradisi tersebut akan terus dilakukan Presiden mendatang.  Nah..begitu juga dengan Sidang Tahunan MPR RI, karena dampaknya sangat baik untuk rakyat mengetahui kinerja lembaga-lembaga negara, itulah yang akan kita bangun dan MPR akan bertanggung jawab penuh agar forum tersevut terlaksana dengan baik, pungkasnya./der