image

E.E. Mangindaan: Kita Harus Waspadai Tantangan Global

Kamis, 08 Juni 2017 15:25 WIB

Wakil Ketua MPR Letjen TNI E. E. Mangindaan mengingatkan di era globalisasi sekarang ini, dimana batas negara semakin kabur, tantangan yang dihadapi Indonesia pun semakin serius. Ini sebagai akibat dari terobosan ilmu dan teknologi (Iptek).

Jadi, "Mau tak mau, suka tidak suka, ilmu pengetahuan dan teknologi ini harus kita terima, tapi harus kita waspadai," tandas Mangindaan ketika menyampai sambutan dan sekaligus memuka sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Gedung Serbaguna Kantor Walikota Manado, Kamis sore, 8 Juni 2017.

Sosialisasi Empat Pilar diselenggarakan oleh MPR bekerjasama dengan Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat Kota Manado (Kesbangpol Manado) ini diikuti 400 peserta terdiri dari para kepala lingkungan, para lurah, para pejabat di lingkup Kota Manado, para pemuka agama dan tokoh masyarakat.

Tantangan global ini, lanjut mantan Gubernur Sulawesi Utara ini, tidak bisa kita atasi tapi harus kita sikapi dengan baik. Untuk itu, kata Mangindaan,  ada hal-hal yang perlu kita waspadai. Sekarang, berkembang isu-isu kebangsaan, terjadi ancaman intolerasi, masih kita dengar adanya gerakan makar, juga ada ancaman ideologi asing dan lainnya. 

Untuk menghadapi tantangan global inilah maka MPR mendapat amanah dari Undang-undang mengadakan sosialisasi Empat Pilar. Melalui kegiatan Empat Pilar ini, menurut Mangindaan, kita refresh atau segarkan kembali ingatan kita mengenai nilai-nilai Empat Pilar, dan agar kita tidak lupa. 

Sementara Walikota Manado Vicky Lumento dalam sambutan yang dibacakan oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum Frans Mawitjere, S.H., M.H., menyatakan bahwa Pancasila adalah dasar negara terbaik dalam kerukunan dalam keberagaman.   Dia menyebut Kota Manado sudah lama menjadi rujukan dalam kerukunan dan keberagaman. Di atas semua itu, katanya, di kota multi etnis ini ada keramahan dan kesetaraan.

Sosialisasi Empat Pilar di Kota Nyiur Melambai ini menampilkan narasumber terdiri dari: E. E. Mangindaan, Wakil Ketua Badan Sosialisasi Prof. Dr. H. Bachtiar Aly, M.A., Anggota MPR Kelompok DPD Marhany Viktor Poly Pua, M.A., dan Anggota MPR Dapil Sulawesi Utara Bara Hasibuan. Hadir Walikota Manado Vicky Lumentu, dan wakilnya Mur Bastian.