image

EE Mangindaan; Membuat Sulut Sulit Disulut.

Senin, 15 Juni 2015 15:59 WIB

Wakil Ketua MPR RI EE Mangindaan disambut sangat oleh sekitar 200 peserta Sosialisasi Empat MPR di Kota Manado Senin siang, 15 Juni 2013. Begitu memasuki ruang pertemuan Hotel Ahlan, tempat kegiatan Sosialisasi itu berlangsung, Mangindaan  disambut tepuk tangan meriah oleh seluruh hadirin.

Nama Mangindaan memang sangat memasyakat di Sulawesi Utara umumnya, Kota Manado khususnya. Politisi Partai Demokrat yang pernah menjabat Gubernur Sulut selama dua periode ini memang dikenang oleh masyarakat sebagai tokoh luar biasa.

"Mangindaan-lah yang mempopuler istilah Torang Samua Basudara, sewaktu beliau menjabat Gubernur Sulut," kata Ketua Institut Masyakarakat (IPM) Sulut Arudji Radjab selaku Panitia Pelaksana Sosialisasi Empat Pilar di Manado tersebut.

Berkat semangat persatuan dipompa oleh Mangindaan ini sehingga dapat memantapkan stabilitas dan gotong royong di Sulawesi Utara. Dampaknya sangat terasa, menurut Arudji, Sulawesi Utara tatap aman. "Inilah sumbangan sangat berharga diberikan oleh Mangindaan untuk Sulawesi Utara," katanya.

Bagaimana tidak, di saat Ambon bergolak, begitu pula Aceh, Papua dan lainya maka Sulut tetap aman. Menanggapi pujian ini, Mangindaan menyatakan, Presiden SBY dalam sebuah pertemuan membahas kerusuhan terjadi di sejumlah daerah itu pernah mengatakan: "Coba contoh Sulawesi Utara." 

Jadi," Bagaimana membuat Sulut sulit di sulut," ujar Mangindanaan tentang makna "Torang Samua Basudara."