image

HNW: Tantangan Bangsa Dan Islam Saat Ini Luar Biasa

Minggu, 14 Juni 2015 22:48 WIB

Jakarta: Era sekarang ini adalah era dimana tantangan berat dihadapi bangsa ini dan khususnya umat Islam. Beberapa negara rontok pecah seperti Uni Soviet, negara-negara Balkan dan sekarang yang paling panas adalah konflik di negara-negara Timur Tengah belum lagi fenomena Isis.

Indonesia adalah negara dengan umat Islam terbesar sekaligus negara yang sangat kaya akan perbedaan.  Potensi untuk munculnya konflik sangatlah besar. Tapi, selama ini bangsa Indonesia bisa menghadapi sekaligus menjaga kerukunan bangsa.

Hal ini diungkapkan Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid (HNW) dalam paparannya di acara Diskusi Kebangsaan : Nasional dan Internasional "Meneguhkan eksistensi gerakan kader untuk penguatan kepemimpinan pemuda muhammadiyah" yang diselenggarakan Baitul Arqom Paripurna ( BAP ) 2015 Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah, di Kampus II Uhamka, Jakarta, Sabtu ( 13/6 ).

"Saya berharap pemuda-pemuda bangsa ini termasuk pemuda-pemuda Muhammadiyah harus tanggap soal tantangan bangsa ini.  Pemuda harus melihat sejarah betapa para tokoh-tokoh Islam dahulu sangat besar perannya dalam upaya membentuk negara ini.  Sekarang saatnya para pemuda Islam untuk bangkit," ujarnya.

Saat inilah, lanjut HNW, dalam menghadapi tantangan global pemuda harus mulai mengupgrade dirinya dengan pengetahuan akan agamanya, upgrade pengetahuan dunia seperti ilmu pengetahuan, bahasa dan intelektualitas. 

 Dengan begitu, bangsa ini akan siap menghadapi segala tantangan seberapapun beratnya.

"Jangan sampai peran pemuda Islam dalam mengisi kemerdekaan bangsa dan mengimplementasikan nilai-nilai luhur Pancasila sampai tidak muncu dan tidak terdengar. Sekali lagi pemuda-pemuda Islam  dan pemuda bangsa harus melanjutkan kiprah para tokoh Islam dahulu bahkan lebih," tandasnya./der